Sambutan Ketua Prodi Teknik Komputer

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Salam sejahtera buat kita semuanya !
Pertama-tama, kami panjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan kuasa -Nya lah Prodi Teknik Komputer (D3) mampu memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara Indonesia. Prodi ini dengan bangga menghasilkan lulusan yang mampu memberikan solusi komprehensif bagi permasalahan akademis dan praktis, terkait dengan isu hardware, baik dalam skala lokal maupun nasional. Riset di Prodi juga telah mencapai penghargaan di skala nasional. Semua kami persembahkan bagi mahasiswa dan alumni sebagai generasi penerus bangsa.
Seiring perkembangan zaman, bidang Teknik Komputer, menjadi salah satu bidang keilmuan yang semakin hari semakin diminati serta populer di beberapa Perguruan Tinggi negeri dan swasta. Teknik Komputer dipandang sebagai salah satu ilmu Teknik yang aplikatif dan mampu menyesuaikan kebutuhan zaman yang sangat cepat berubah. Sehingga Program Studi ini dipandang sebagai salah satu Program Studi penting di perguruan-perguruan tinggi.
Di Universitas Komputer Indonesia, Program Studi Teknik Komputer (D3) merupakan salah satu prodi pilihan di antara beberapa program studi lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya akreditasi B sebagai bentuk jaminan mutu. Tentu saja ini menjadi prestasi yang perlu diapresiasi dan dipertahankan oleh segenap pihak internal dan eksternal prodi agar dapat menjadi lebih baik di masa yang akan datang nantinya. Secara bertahap, kita (saya, dosen serta mahasiswa) akan berusaha untuk menaikkan akreditasi menjadi lebih baik lagi, sejak prodi ini dibuka tahun 1998. Atau minimal mempertahankan nilai akreditasi ini.
Untuk itu, besar harapan saya, setelah terpilih menjadi ketua program Teknik Komputer (D3) untuk 2 tahun ke depan, agar para mahasiswa dan dosen untuk terus mengukir prestasi dan saling bekerja sama dalam membangun prodi ini secara berkelanjutan. Peningkatan prestasi dapat diukir dengan meningkatkan realisasi yang positif di Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada masyarakat. Jaminan mutu program studi dapat terlaksana jika mahasiswa dan dosen dapat saling bekerjasama memberikan hal-hal yang positif terhadap kemajuan prodi. Dalam hal ini, diperlukan sikap aktif dari mahasiswa dan dosen untuk dapat terus produktif.
Penggunaan kurikulum baru, tahun 2019 sudah kita berlakukan, dan kita sedang berusaha untuk membuat persentase praktikum lebih besar dari persentase teori. Tetapi semua sistem perkuliahan tersebut, baik teori dan praktikum akan kita laksanakan secara online jika kondisi pandemi ini belum selesai. Maka dari itu mari kita berdo’a semoga kita semua dapat melaluinya dengan aman dan selalu sehat sehingga dapat menyelenggarakan perkuliahan secara normal seperti sebelum masa pandemi covid-19. Perkuliahan praktikum yang akan dilaksanakan secara online setelah masa pandemi Covid-19 berakhir tentunya tidak akan 100% sama dengan kondisi praktikum sebelum masa pandemi. Kondisi baru ini kita kenal dengan istilah new-normal. Tentunya dalam situasi new-normal ini akan ada perbedaan kondisi yang harus kami siapkan untuk mengantisipasi pandemi Covid-19 ini meningkat kembali.
Kami mengajak kepada semua Civitas Akademik khusunya para mahasiswa dan dosen, untuk selalu mematuhi semua Protokol Pencegahan Covid-19 demi keselamatan diri dan keluarga kita. Gunakanlah selalu masker saat keluar rumah, pada saat pergi ke kampus, selama berkegiatan di kampus, dan saat kembali ke tempat tinggal. Patuhilah protokol Physical Distancing dengan menjaga jarak minimal 2 meter, rajin mencuci dan membersihkan tangan, dan tidak berkumpul atau berkerumun dalam jumlah yang banyak. Berjemurlah di waktu yang sudah disarankan Menteri Kesehatan untuk meningkatkan imun tubuh.
Bersama-sama segenap civitas akademika di Prodi Teknik Komputer, kita berkomitmen memberikan yang terbaik. Dengan semangat berprestasi yang tinggi dan kerja sama yang baik, Insya Allah Prodi Teknik Komputer, Universitas Komputer Indonesia akan semakin berjaya. Akhir kata, kami berharap semoga prodi ini dapat menjadi salah satu prodi yang menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas fikiran dan akhlak-nya, giat bekerja dan penuh integritas, hingga mampu menjadi Rahmatan Lil ‘Alamin bagi alam semesta. Kepada seluruh civitas akademika, kami mohonkan doa dan dukungannya dan kepada Allah SWT kami mohonkan bimbingan dan Ridho-Nya. Semoga kita semua selalu berada dalam kondisi yang baik dan selalu sehat sehingga kita bisa melalui pandemi ini dan bisa kembali kepada kondisi normal seperti sedia kala. Aamiin.

Wabillahi taufiq wal hidayah,
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

John Adler, M.Si
Ketua Prodi Teknik Komputer (D3)