5 Cara Untuk Tetap Fokus Belajar di Rumah

Mahasiswa Teknik Komputer yang kami cintai,

Ditengah pandemi yang melanda diseluruh belahan dunia tak terkecuali Indonesia saat ini, menyebabkan terhentinya sejumlah kegiatan yang biasa kita kerjakan sehari-hari bahkan kegiatan belajar yang sedang kalian jalani. Kebijakan pemerintah untuk menganjurkan belajar dari rumah atau Learning From Home serta bekerja dari rumah atau Work From Home adalah untuk mengurangi penyebaran dari virus Covid19. Tidak sedikit orang yang mengeluh dengan pembatasan sosial seperti ini, kejenuhan berada di rumah serta hal-hal lain yang menyebabkan mahasiswa menjadi tidak produktif belajar selama berada di rumah. Walaupun demikian sebaiknya kita memiliki cara jitu untuk tetap melakukan hal positif yang dapat membantu untuk tetap fokus dalam belajar. Berikut adalah tips-tips yang dapat membantu agar tetap fokus belajar di rumah:

  1. Rapihkan ruang kerja/ kamar. Jaga selalu kerapihan rumah khususnya tempat kaian bekerja. Ketika mata kita dalam keadaan leluasa, maka pikiran juga akan ikut jernih dan bisa menemukan ide-ide baru. Aturlah pencahayaan yang baik, karena pencahayaan juga memengaruhi prroduktivitas. Cahaya yang terlalu redup atau terlalu terang akan membuat mata cepat Lelah. Aturlah pencahayaan sesuai dengan kenyamanan mata kalian masing-masing.
  2. Hindari gangguan. Apabila gangguan berasal dari dalam rumah, mintalah anggota keluarga untuk waktu dimana kalian perlu berkonsentrasi. Mintalah di jam-jam yang dianggap wajar seperti di jam biasa kalian kuliah, dan rasanya tidak mungkin juga seharian penuh kita bisa menghindari gangguan. Karena walau belajar kita juga wajib membantu orang tua didalam mengerjakan tugas-tugas di rumah.
  1. Buat Jadwal teratur. Menyusun jadwal teratur akan memudahkan didalam estimasi waktu belajar. Sehingga pembagian waktu untuk belajar dan istirahat yang cukup, memingkinkan untuk kalian memiliki waktu luang. Hidari mengerjakan tugas mendekati batas waktu karena bisa menyebabkan stress yang dapat menurunkan imunitas tubuh.
  1. Jaga kondisi mental dan fisik. Kesehatan mental dan fisik kalian akan menentukan kesiapan dalam belajar. Badan yang sehat serta pikiran yang jernih dapat membantumu lebih fokus. Di saat suntuk belajar, pastikan kamu beristirahat setiap 45 menit sekali. Lakukanlah peregangan tangan dan berjalan kaki mondar-mandir di rumah agar tidak kaku serta mengembalikan vitalitas kerja otak.
  1. Buat prioritas kerja. Urutkan prioritas yang mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu, apabila diurutkan entah mulai dari yang cepat selesai atau sesuai deadline, pekerjaan tersebut akan mudah dipahami. Semakin teratur maka pekerjaan akan semakin mudah dan lekas selesai

Demikianlah 5 cara yang dapat membantu kalian menciptakan zona kondusif ketika belajar dirumah, sehingga kita dapat lebih fokus serta dapat menghindari stress yang berlebihan. Semoga bermanfaat, selamat belajar!