Seminar Bulanan FTIK
"Penerapan Teknologi Komputer dalam Bidang Energi Terbarukan"

Alhamdulillah, seminar bulanan FTIK “Penerapan Teknologi Komputer dalam Bidang Energi Terbarukan” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal  7 Desember 2019 di ruang L. 018 dapat terlaksana dengan baik. Acara yang dibuka oleh Dr. Wendi Zarman M.Si, selaku Kaprodi Teknik Komputer, ini dihadiri oleh seratusan mahasiswa Unikom dari berbagai prodi di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

Para peserta tampak antusias mengikuti penjelasan pembicara, Bapak Sentot Rakhmat Abdi, ST, MBA, IPM (Manager PT LEN Industri), mengenai pengembangan teknologi energi terbarukan di Indonesia. Secara umum, kesimpulan dari seminar ini adalah bahwa pemanfaatan energi terbarukan merupakan keharusan bagi Indonesia mengingat saat ini cadangan energi minyak yang semakin menipis.

Indonesia sendiri saat ini secara net telah menjadi negara pengimpor minyak, Sementara biaya subsidi minyak terus membengkak karena penggunaan minyak yang terus meningkat. Hal ini tentu sangat memberatkan APBN. Apalagi, diperkirakan dalam empat belas tahun cadangan minyak Indonesia akan habis bila tidak ditemukan sumber eksplorasi yang baru. Ini tentu masalah yang harus segera dipecahkan.

Sementara, Indonesia sendiri sangat kaya dengan sumber-sumber energi terbarukan seperti matahari, panas bumi, arus laut, angin, dan lain sebagainya. Ini tentu merupakan peluang yang baik dalam menyelesaikan krisis minyak di Indonesia. Apalagi sifat energi ini juga sangat ramah lingkungan. Oleh karena itu, Bapak Sentot mengajak mahasiswa Unikom untuk ikut serta dalam pengembangan teknologi energi terbarukan. Sebab, penelitian bidang ini melibatkan banyak disiplin ilmu seperti Teknik Komputer, Teknik Informatika, Teknik Elektro, dan bidang ilmu lainnya.