Halaman Utama English Version
Tentang Teknik Komputer
Tentang Jurusan
Dosen
Alumni
Jurnal Komputika
Kurikulum/Silabus S1
Fasilitas
Laboratorium
Nilai dan Tugas Akhir
Nilai dan Tugas Akhir
Galeri
Kegiatan Akademik
Lain-Lain
Prestasi
Agenda
Berita
 
Kuliah Online
Nilai Online Unikom
Mahasiswa Unikom
Dosen Unikom
 

Program studi Ilmu Komputer saat ini mengelola dua program studi, yaitu Sistem Komputer (S1) dan Teknik Komputer (D3). Secara umum, baik pada jenjang S1 maupun D3, lulusan program studi ini dipersiapkan agar memiliki kemampuan merancang perangkat keras berbasiskan komputer, programming, web development, sistem jaringan komputer, pengendalian instrumentasi menggunakan komputer serta pengelolaan teknologi informasi. Namun demikian, untuk jenjang S1 mahasiswa lebih diarahkan agar memiliki kemampuan analisis dan pengembangan teknologi, sedangkan D3 lebih dititik beratkan pada pengembangan keterampilan. Untuk mewujudkan misinya, program studi Teknik Komputer dilengkapi dengan sembilan laboratorium, yaitu lab. fisika dasar, hardware/perakitan PC, elektronika, teknik kendali, sistem mikroprosesor, komunikasi data, sistem rangkaian digital jaringan komputer dan robotika. Dengan adanya laboratorium ini mahasiswa dapat melakukan praktikum dan penelitian bukan saja pada jam kuliah, tapi juga diluar jadwal kuliah secara mandiri. Secara akademis, teknik komputer menekankan pada jenis mata kuliah:

  1. elektronika dan sistem digital
  2. mikroprosesor dan bahasa assembler
  3. organisasi komputer atau arsitektur komputer
  4. jaringan komputer dan Internet
  5. komputer paralel, dll

Visi Program Studi :

Menjadi Program Studi terdepan di bidang Sistem Komputer, menjadi pusat unggulan dalam penyebaran dan pengembangan ilmu di bidang sistem komputer yang unggul, handal dan bermartabat, memiliki prestasi dan reputasi global, serta berwawasan entepreneurship.


Misi Program Studi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang dapat menghasilkan lulusan berkualitas bidang Sistem Komputer dan berwawasan entepreunership serta siap bersaing secara global.
  2. Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan bidang Sistem Komputer berdasarkan suatu roadmap yang jelas dan berujung pada publikasi ilmiah dan/atau produk nyata.
  3. Melakukan berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat/industri sebagai upaya untuk berkontribusi menyelesaikan masalah nyata di masyarakat/industri.