Deskripsi


Visi, misi, dan tujuan Prodi Teknik Komputer disusun dengan mengacu pada visi dan misi Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Unikom (FTIK Unikom). Visi dan misi Prodi Teknik Komputer yang berlaku saat ini masih sama dengan visi dan misi yang disampaikan pada akreditasi sebelumnya (tahun 2012). Prodi menilai visi dan misi tersebut sangat relevan untuk saat ini sehingga tidak diperlukan penyusunan visi dan misi yang baru. Sedangkan tujuan prodi perlu dilakukan sedikit penyempurnaan agar sejalan dengan misi prodi. Sebagaimana diketahui, terdapat tiga poin misi prodi yang mengejawantahkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian, tujuan Prodi Teknik Komputer menjadi sejalan dengan misi tersebut. Dalam rumusan sebelumnya, baru terdapat satu poin pernyataan tujuan Prodi Teknik Komputer, yaitu:

Menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang teknik komputer, memahami ilmu dan teknologi komputer secara sistematis, memiliki ketrampilan (skill), memiliki integritas akademik dan moral, sehingga mampu memanfaatkannya dalam meningkatkan kualitas hidup manusia.”

Tujuan ini praktis hanya mengakomodasi misi yang pertama, yaitu pendidikan dan pengajaran. Sementara misi kedua dan ketiga belum terakomodasi dalam tujuan prodi. Oleh karena itu, prodi melakukan rapat dosen yang dipimpin oleh ketua prodi menetapkan dua poin tujuan tambahan sehingga dapat mengakomodasi misi prodi kedua dan ketiga prodi. Dua poin tambahan itu adalah:

“Menghasilkan karya nyata dalam sains dan teknologi khususnya dalam bidang Teknik Komputer yang mendukung pembangunan nasional” dan

“Turut berperan serta dalam menyelesaikan berbagai permasalahan bidang Teknik Komputer di dalam masyarakat serta industri.”

Setelah perubahan tujuan ini dirumuskan, prodi melakukan sosialisasi secara elektronik (melalui internet) kepada civitas akademika prodi untuk memperoleh masukan. Setelah mempertimbangkan masukan yang ada, prodi merumuskan konsep tujuan prodi kemudian melaporkan kepada Dekan FTIK Unikom untuk dimintai pertimbangan. Setelah disetujui Dekan FTIK, dibuatkanlah surat keputusan mengenai perubahan ini yang kemudian dilaporkan kepada Rektor untuk diketahui